- STANDAR KOMPETENSI
Membaca dengan tartil
B. KOMPETENSI DASAR
Membaca Al Quran dengan sesuai dengan ilmu tajwid
C. INDIKATOR
Siswa dapat membaca Al Quran dengan sesuai dengan ilmu tajwid
D. MATERI PELAJARAN
Materi Pokok
Tes membaca dan hafalan Al Quran
Uraian Materi
Tes membaca Al Quran
Tes Hafalan Al Quran
E. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
SUMBER :
a. Al Quran pojok cetakan
MEDIA :
a. Papan tulis whiteboard dan spidol
F. STRATEGI PEMBELAJARAN
Pendahuluan ( waktu 5 menit )
-Guru membuka pertrmuan
-Guru mengecek daftar hadir siswa
-Guru menjelaskan teknis tes yang akan dilaksanakan
2. Kegiatan inti ( waktu 55 menit )
-Guru meminta siswa untuk membuat satu baris ke belakang sesuai dengan nomor urut. ( 5 menit )
-Guru meminta siswa untuk bertalaqqi satu per satu membaca
-Guru mengelompokkan siswa menjadi 2 kelompok sesuai dengan hasil tes ( 10 menit )
3. Penutup ( 5 menit )
Guru mengadakan evaluasi tentang hasil tes ( waktu 2 menit )
-Guru memberikan saran dan motivasi belajar ( waktu 2 menit )
-Guru menutup pertemuan dengan bacaan hamdalah dan doa kaffarotul majlis dan salam . ( waktu 1 menit )
G. PENILAIAN
Penilaian individual : penilaian dilakukan ketika siswa menbaca ayat-ayat yang mengandung hukum idhar dan idghom.
-Penilaian hasil kerja :
-ketepatan mengucapkan makhorijul .
-kebenaran cara membaca hukum- hukum tajwid.
-Tartil tidaknya ketika menbaca Al Quran
-Jenis tagihan :
- Performance tes ( praktik membaca )
Nama | Nilai | Jumlah nilai | ||
Makhroj | Tajwid | Tartil | ||
Nilai makhroj max. 30
Nilai Tajwid max. 40
Nilai tartil max. 30
Total niai : 100
Tidak ada komentar:
Posting Komentar